Sabtu, 04 Februari 2012

apakah pramuka saka bhayangkara itu...


PRAMUKA SAKA BHAYANGKARA

I.          PENDAHULUAN.

Gerakan pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda yang menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan non formal yang memiliki peran penting dalam pembentukan watak, Kepribadian, Jasmani serta pengembangan pengetahuan dan ketrampilan sehingga dapat menjadi kader pembangunan dari segala bidang.

Pemerintah Indonesia berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh warga Negaranya dengan berbagai macam upaya, antara lain menjamin terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat ( kamtibmas ) melalui system Kamtibmas Swakarsa dengan cara meningkatkan partisipasi aktif masyarakat. Dalam pembinaan Kamtibmas serta membina dan menyiapkan bala siap Kamtibmas di masyarakat. Termasuk di kalangan generasi muda.

Pembentukan Satuan karya Pramuka Bhayangkara ( Saka Bhayangkara ) merupakan wahana dan prasarana pembentukan, peningkatan dan pengembangan pengetahuan, ketrampilan, kecakapan dan pengalaman di bidang Kebhayangkaraan sehingga Pramuka Saka Bhayangkara siap menjadi kader pembangunan di bidang Pembina Kamtibmas.

Untuk mendukung terlaksananya kegiatan-kegiatan dalam penyelenggaraan Saka Bhayangkara dan mengingat perkembangan dinamika masyarakat yang berpengaruh pada minat pemuda terhadap Kepramukaan khususnya kegiatan Saka Bhayangkara maka di perlukan materi tentang Saka Bhayangkara.

II.         PENGERTIAN / DEFINISI.

1.    Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan kaum muda yang menyelengarakan kpramukaan dengan dukungan dan bimbingan anggota dewasa.
2.    Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar Kepramukaan dan metode Kpramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.
3.    Satuan Karya Pramuka ( SAKA ) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman Pa pramuka dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.  Bhayangkara berasal dari Sangsekerta yang mengandung arti penjaga, pengawal, pengaman dan perlindung keselamatan Negara dan bangsa.
5.   Saka Bhayangkara adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat dan mengembangkan bakat serta pengalaman para pramuka menegak dan pendega  dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Kebhayangkaraan sehingga mereka menjadi anggota masyarakat yang baik peduli tergadap keamanan, ketertiban masyarakat di lingkungan, baik local, Nasional maupun internasional.
6.   Kebhayangkaraan adalah kegiatan yang berkaitan dengan Keamanan Negara dalam rangka menjamin tetap tegaknya Negara Kesatuan RI yang berdasarkan pancasila dan UUD Negara RI thn 1945.
7.   Krida adalah Satuan kecil yang merupakan bagian dari Saka Bhayangkara sebagai wadah kegiatan Ketrampilan tertentu yang merupakan bagian dari kegiatan Saka Bhayangkara.




III.        KRIDA.

1.       Krida Lantas ( Lalu Lintas ).
2.       Krida Tibmas ( Ketertiban Masysarakat ).
3.       Krida TPTKP ( Tindakan pertama dan tempat kejadidan perkara ).
4.       Krida PPB ( penanganan penanggulangan bencana ).

Penjelasan  :

1.       Dalam Krida Lalu Lintas ini meliputi 3 materi Krida yaitu  :

a.    Pengetahuan tentang perundang-undandgan / peraturan lalulintas adalah materi yang di sesuaikan dengan kebutuhan anggota pramuka yang berisi pasal-pasal tertentu dari perundang-undangan dan peraturan tentang lalu lintas.
b.    Pengaturan lalu lintas adalah materi yang berisi tentnag tujuan, tata cara pengaturan lalu lintas dan pedoman pelaksanaan pengaturan lalu lintas yang di sesuaikan dengan kebutuhan / golongan anggota Pramuka.
c.    Penanganan kecelakaan lalu lintas yang di sesuaikan dengan kewenangan dan golongan anggota pramuka.
d.    Senam lantas dan gatur.

2.       Dalam Krida Tibmas ini ada beberapa yang perlu di berikan kepada adek-adek Saka bhayangkara  :

a.        Beladiri Polri.
b.       Senam Tongkat.
c.        Senam Borgol.
d.       Pengetahuan tentang Siskamling.
e.       Pengetahuan tentang Pam Swakarsa.
f.         Dll.

3.       Ada beberapa materi yang perlu di sampaikan  :

a.        Dapat melaporkan telah terjadi kecelakaan lalu lintas.
b.       Dapat memberikan pertolongan pertama pada waktu terjadi kecelakaan lalu lintas.
c.       Dapat memberikan tanda-tanda pada kendaraan bermotor maupun korban yang terkait kecelakaan lalu lintas ( membuat sket gambar kecelakaan lalu lintas ).
d.       Mengetahui tentang asuransi kecelakaan lalu lintas.
e.       Dapat memindahkan kendaraan yang terlihat kecelakaan.
f.         Dll.

4.       Krida PBB.

Materi ini berkaitan dengan pengetahuan tentang penanganan dan penanggulangan bencana baik bencana banjir, kecelakaan, tanah longsor, gunung meletus.

IV.        PENUTUP.

Demikian sedikit dan secara singkat tentang pramuka Saka Bhayngkara, untuk lebih jelasnya para pembaca bisa menggali dan mengembangkan sesuai dengan kebutuhan diri dan anggota Saka Bhayangkara.

======== oOo =======

0 komentar:

Posting Komentar